RPP BAHASA INGGRIS TENTANG WEATHER AND SEASON
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD/MI
Kelas/
Semester : V/II
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Materi : Weather and Season
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
A. STANDAR
KOMPETENSI
1.
Mendengarkan
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
kontek sekitar peserta didik
2.
Berbicara
Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks
sekitar peserta didik
3.
Membaca
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks sekitar peserta didik
4.
Menulis
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menanggapi
instruksi sangat sederhana yang bisa diterima di dalam
kelas.
1.2 Mengekspresikan
untuk meminta atau memberi informasi yang melibatkan tindakan berbicara tentang
Cuaca dan Musim.
1.3 Menulis
kalimat sangat sederhana dengan kosa kata yang
benar.
C. INDIKATOR
1.
Menyebutkan
kosakata tentang Cuaca dan Musim.
2.
Mendengarkan dan megulangi
kata guru tentang Cuaca dan Musim.
3.
Menjawab pertanyaan
terkait gambar Cuaca dan Musim.
4.
Berlatih bagaimana
menulis pertanyaan dan jawaban tentang Weather and Season.
5.
Menulis tentang
macam-macam Cuaca dan Musim dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat
menyebutkan kosakata tentang Cuaca dan Musim.
2.
Siswa dapat
mendengarkan dan mengulangi kata guru tentang Cuaca dan Musim.
3.
Siswa mampu
menjawab pertanyaan terkait dengan gambar Cuaca dan Musim.
4.
Siswa dapat memenulis
dan membaca Cuaca dan Musim.
5.
Siswa dapat menulis
pertanyaan dan jawaban tentang Weather and Season.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
-
Tema: Cuaca
dan Musim.
- Short expression about Weather and
Season.( asking and answer)
How is the
weather today? It
is warm.
(Bagaimana
cuaca hari ini? Ini hangat?) Ini hangat.
What is the
weather like today?
It is cloudy.
(Seperti
apa cuaca hari ini?) Berawan
Weather (Cuaca) Seasons
(Musim)
1. Sunny : Cerah 1. Rainy
season : Musim hujan
2. Snowy : Bersalju 2. Dry season : Musim kemarau
3. Windy : Berangin 3. Autumn : Musim gugur
4. Wet : basah 4.
Winter : Musim dingin
5. Warm : hangat 5. Spring : Musim semi
6. Foggy : berkabut 6. Summer : Musim panas
7. Hot : Panas
Untuk menanyakan keadaan cuaca, menggunakan kalimat:
- How is the weather today?
(Bagaimana cuaca hari ini?)
- What is the weather like today?
Untuk menanyakan berapa banyak musim yang terjadi di suatu negara,
menggunakan kalimat:
-
A: How
many seasons are there in Indonesia?
(Ada berapa musim di Indonesia?)
B: There are two seasons in Indonesia.)
(Ada dua musim di Indonesia.)
-
A: How
many seasons does England have?
(Berapa musim yang ada di Inggris?)
B: England has four seasons.
(Inggris mempunyai empat musim.)
-
A: How
many seasons are there in Germany?
(Ada berapa musim di Jerman?)
B: There four seasons in Germany.
(Ada empat musim di German.)
Contoh kalimat:
1.
The
rain is falling. (Sedang turun hujan.)
Everything is getting wet. (Semuanya menjadi basah.)
2.
The flowers
are blooming in spring.
(Bunga-bunga bermekaran di musim semi.)
3.
Flood usually
occurs in rainy season.
(Banjir biasanya terjadi di musim hujan.)
4.
It is
hot and windy in summer.
(Panas dan berangin pada musim panas.)
5.
In autumn,
leaves fall everywhere.
(Pada musim guggur, daun-daun barjatuhan di semua tempat.)
F. MODEL
DAN METODE
Model : Picture , Cards and Weather Wheel Cart
Metode : Contextual Learning
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru memberi salam
dan mengajak siswa berdo’a dahulu sebelum pembelajaran dimulai
-
Guru mengabsen siswa
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada pembelajaran hari ini
-
Guru melakukan
apersepsi dengan melakukan tanya jawab seputar Cuaca dan Musim
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi
-
Guru bertanya kepada
siswa tentang cuaca hari ini.
-
Siswa diperlihatkan gambar-gambar yang
berkaitan dengan materi
Elaborasi
-
Guru menyampaikan atau menjelaskan
materi tentang Cuaca
-
Guru menjelaskan
jenis Cuaca. (dengar dan ulangi)
-
Siswa mengulang nama Cuaca perintah guru.
(ulangi)
-
- Seperti apa cuaca
hari ini? Berawan.
-
- Berapa musim di
Indonesia? Ada 2 musim di Indonesia.
-
Guru mempraktikkan
pertanyaan dan jawaban tentang Cuaca dan Musim.
Konfirmasi
-
Guru meminta satu perwakilan
siswa untuk menunjukkan cuaca dalam bahasa inggris dengan bantuan weather
wheel
-
Guru mengoreksi jika
ada kesalahan yang dihasilkan oleh siswa.
-
Siswa mengerjakan latihan soal tentang materi Musim dan Cuaca
|
50
menit
|
Penutup
|
-
Guru mengulas materi
yang diberikan bersama.
-
Guru memberikan umpan
balik untuk para siswa.
-
Guru menyarankan
siswa untuk mengingat pelajaran hari ini dan di berikan tugas rumah.
-
Guru memberikan salam
dan berdoa
|
10
menit
|
H. MEDIA
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media : Picture, Card and Weather Whell
card
Sumber : Relevant pictures, grow with english book 5
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Aspek
yang dinilai:
·
Listening/Speaking : Pengucapan, kelancaran, keakuratan,
·
Reading : Pengucapan, intonasi,
kelancaran
·
Writing : Ejaan, kerapian tulisan
tangan, keakuratan
2. Teknik
Penilaian :
·
Tes lisan/tertulis
·
Penilaian guru
LAMPIRAN
Latihan Soal
1.
It is ... season. The rain falls
everyday.
a.
Dry
b.
Rainy
c.
Spring
d.
summer (Jawaban : b)
2.
People usually call rainy season
as ....
a.
Spring
b.
b. Summer
c.
c. dry season
d.
d. wet season (Jawaban : d)
3.
Indonesia has ... seasons.
a.
One
b.
Two
c.
Three
d.
four (Jawaban : b)
4.
We use ... in rainy season.
a.
Raincoat
b.
Helmet
c.
Glasses
d.
t-shirt (Jawaban : a)
5.
The thunder is very ....
a.
Beautiful
b.
Cold
c.
Dangerous
d.
wet (jawaban : c)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar